Kalau kamu suka dengan aktivitas liburan yang penuh petualangan alam, maka jogja bisa jadi salah satu alternatif destinasi tujuan wisata, di jogja tidak hanya terdapat candi dan kraton, banyak tempat-tempat wisata hits yang sekarang bermunculan di jogja, tentunya untuk merencanakan liburan yang menyenangkan ke tempat wisata baru tersebut kamu bisa berkonsultasi dengan agen perjalanan, untuk menentukan paket wisata jogja yang paling pas buat kamu.

Seperti kalau kamu suka dengan snorkeling ke bawah laut, juga bisa lho dilakukan di salah satu pantai jogja, pasti kaget ya? Aman kah? Karena jogja terletak di pantai selatan yang notabene terkenal dengan ombaknya yang dahsyat.

Pantai yang aman untuk snorkeling itu adalah pantai ngalambor, terletak diantara pantai siung dan pantai jogan. Bermodalkan snorkel, kamu bisa melihat indahnya kehidupan di bawah laut. Tak perlu takut terhempas ombak ganas, sebab jauh di depan ada dua pulau karang berbentuk kura-kura raksasa yang siap menjadi penjaga.

Bukit karang yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa itu berfungsi sebagai pemecah ombak dan penahan gelombang. Sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak besar dan cenderung tenang.

Ombak yang pelan menjadikan biota laut dan terumbu karang tumbuh dengan subur. Air di pantai ini pun jernih, sehingga kamu bisa melihat hingga ke dasar laut. Kombinasi itu lantas menjadikan Pantai Nglambor cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling

Saat wisata pantai di pesisir Gunungkidul mulai melejit, Pantai Nglambor tetaplah sepi. Hingga kelompok Nglambor Bintang Snorkeling mulai mempromosikan wisata ini, Nglambor pun mulai dikenal wisatawan dan kini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit di Gunungkidul. Meski sudah ramai dikunjungi wisatawan, kondisi Pantai Nglambor masih alami dan bersih.

Di Pantai Nglambor kamu bisa memuaskan hasratmu untuk bermain air, mulai dari mandi-mandi, berenang, hingga snorkeling. Atau kamu bisa trekking mendaki bukit-bukit karang yang memeluk pantai ini. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih membuatmu bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Nglambor

Dari Yogyakarta Pantai Nglambor bisa ditempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. 

Untuk mencapai pantai ini kamu bisa menyusuri jalan menuju Pantai Siung. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan, sehingga pos retribusinya menjadi satu dengan Pantai Siung. 

Setelah melewati pos retribusi, kamu akan bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan tersebut kamu belok ke kanan dan menyusuri jalan makadam. Pantai Nglambor berada di ujung jalan tersebut. 

Kondisi jalannya tidak terlalu lebar sehingga bus pariwisata tidak bisa masuk. Mobil pun tidak bisa sampai ke bibir Pantai Nglambor. Kamu perlu jalan kaki sebentar atau naik ojek untuk mencapai Pantai Nglambor ini.

Harga Tiket dan Sewa Alat

  • Tiket masuk: Rp 5.000 / orang (menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung)
  • Jasa Ojek: Rp 5.000
  • Sewa alat snorkel: Rp 35.000 – Rp 50.000
  • Paket snorkeling BNS: Rp 50.000 (fasilitas meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang.

Namun jika kamu pada akhirnya memutuskan untuk mengambil paket wisata maka biasanya harga yang ditawarkan sudah include semua, jadi kamu tinggal terima beres.

Tags: