Saat ini bisnis online sudah banyak dikenal oleh masyaratak namun banyak juga yang hanya dengar saja tapi tidak mengerti apa dan bagaimana sebenarnya bisnis online itu. 

Bahkan jika kita mecari di Google kita akan banyak menemukan situs-situs yang menawarkan peluang bisnis online dengan membeli paket bisnis yang mereka tawarkan, kemudian setelah bergabung kita diharusnya merekrut member baru.

Model bisnis seperti itu sebernya sama seperti MLM atau mungkin lebih parah lagi adalah money game, hanya medianya saja menggunakan internet. Dari sini tentunya sudah mulai mendapat gambaran ya mengenai bisnis online.

Bisnis online itu pada dasarnya adalah praktek binis offiline yang dilakukan secara online, jadi sebenarnya bisnis offline dan online itu sama saja hanya media promosinya yang berbeda. Bisnis Online sendiri ada beberapa model dan kita akan bahas secara singkat satu persatu.

1. Jualan Produk / Jasa

Saat ini model bisnis online jualan produk dan jasa ini adalah yang paling banyak dilakukan oleh masyarat. Karena pada dasarnya mereka yang melakukan model bisnis online seperti ini adalah mereka-mereka yang telah memiliki produk atau jasa dan ingin memperluas market mereka dengan cara mempromosikan secara online.

Selain itu saat ini banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk memasarkan produk atau jasa anda bahkan secara gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi marketplace yang bisa digunakan sebagai tempat jualan.

Selain marketplace ada social media yang juga membantu meningkatkan penyebaran informasi secara masif, tinggal bagaimana anda memanfaatkan semua media tersebut sebagai alat promosi yang efektif.

2. Publisher Iklan

Model bisnis ini adalah yang paling banyak dijalankan oleh para pemain bisnis online pada era 2003 hingga kira-kira 2010. Pada dasarnya model bisnisnya adalah anda sebagai pemilik website atau blog bekerjasama dengan penyedia layanan iklan online.

Dimana nantinya website atau blog anda akan dipasangi iklan dari para agency iklan. Para agency iklan mencharge klien mereka setiap kali iklan klien mereka di klik orang atau ditayangkan sebanyak 1000 kali.

Disini para pemilik blog atau website yang istilahnya disebut publisher akan mendapatkan bagi hasil dari setiap klik yang di hasilkan atau tiap 1000x tayang iklan tersebut di blog atau website anda.

Tentu saja agency yang paling terkenal adalah Google ads dimana program kerjasama model seperti ini diberi nama Google Adsense. Saat ini Adsense bukan hanya dari blog atau website tapi juga merambah ke channel Youtube, jadi para pemilik channerl Youtube yang jumlah subscribernya banyak dapat menguangkan video mereka dengan cara dipasangi iklan oleh Google.

3. Membuat Layanan Berlangganan

Model bisnis seperti ini bisa dibilang model bisnis yang paling menguntungkan karena biasanya layanan yang diberikan adalah berupa suatu software. Keunggulan bisnis software ini adalah bikinnya sekali dijualnya bisa berkali-kali sehingga keuntungan yang didapat bisa sangat besar.

Namun karena sistemnya berlangganan biasanya software tersebut juga membutuhkan update dan maintanance sesuai dengan perkembangan teknologi. Berikut ini adalah beberapa contoh layanan berbayar yang cukup sukses.

  • Adobe

Adobe ini adalah perusahaan software multi media, kalau anda pernah dengar photoshop, nah itu adalah salah satu software buatan Adobe. Saat ini Adobe telah merubah sistem penjualannya dari yang sekali bayar menjadi langganan per bulan atau per tahun.

  • VideoScribe / Sparkol

Sparkol ini adalah software untuk membuat video animasi whiteboard, saat ini tersedia beberapa pilihan berlangganan dari yang bulanan hingga tahunan.

  • Moota

Moota ini adalah layanan karya anak bangsa dimana anda dapat melakukan cek mutasi semua rekening bank anda hanya dari satu dashboard, selain itu layanan ini mempermudah bagi anda yang berjualan online sehingga pembeli anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual dan anda pun sebagai penjuala akan mendapatkan notifikasi pembayaran dari pelanggan anda secara otomatis.

Sebenarnya masih banyak model bisnis online lainnya namun akan kita lanjutkan di artikel selanjutnya sementara untuk anda yang ingin segera mempelajari bisnis online dapat mengikuti pelatihan bisnis online yang banyak diadakan diluaran sana.

Tags: